Kepemimpinan 1


THE LEADER IN ME


Hari ini, Senin (13/6) siswa kelas VII SMP Maria Assumpta mengikuti kegiatan pelatihan kepemimpinan yang dipandu oleh Pak Nunu dan Pak Tarno dengan didampingi oleh Bu Nita, Bu Yuli, dan Pak Singgih.
Pada sesi pertama, siswa kelas 7A dan 7B diajak ke lapangan untuk mengikuti permainan membuat beberapa formasi menyerupai bentuk bangun datar, diantaranya lingkaran, persegi, dan segitiga dengan menggunakan tali dan dalam kondisi mata tertutup. Awalnya para siswa mengalami kesulitan karena belum tahu bagaimana strategi dan saling memberi komando satu sama lain sehingga yang terjadi malah keributan diantara anggota kelompok dan kegagalanlah yang mereka dapatkan. Namun, dengan semangat yang tinggi mereka pantang menyerah, keberhasilan pun dapat mereka raih meskipun formasi yang terbentuk tidak sempurna seperti bangun datar yang dimaksudkan. Mau tau keseruan mereka? Yuk kita lihat.









Setelah melakukan permainan, para siswa share pengalaman mengikuti permainan tersebut. Berikut adalah penuturan dari beberapa siswa :

1. Helena
Saya mengalami kesulitan, karena tidak tahu posisi teman dan tidak bisa menebak bentuk bangun geometri yang diminta. Oleh karena itu, untuk mengatasi kesulitan tersebut, kita harus menentukan posisi penjuru, yang lain mengikuti posisi penjuru. Permainan dapat berhasil diselesaikan jika ada satu pemimpin yang memberi komando, dan anggota yang lain mengikuti komando dari sang pemimpin, dan sebagai pemimpin yang baik tidak boleh memaksakan keinginan.

2. Danu
Saya mengalami kesulitan, karena banyak teman yang mengatur. Solusi untuk mengatasi situasi tersebut adalah dibutuhkan satu komando dari satu pemimpin, karena jika banyak pemimpin maka anggota jadi bingung harus mematuhi perintah dari pemimpin yang mana.

3. Guma
Kesulitan yang saya alami adalah tidak dapat melihat dan teman-teman saling mengatur, banyak yang berbicara dan berteriak sehingga sulit untuk menyelesaikan permainan dengan benar. Jalan keluar untuk kendala tersebut adalah bekerjasama dengan teman sebelah dan mendengarkan komando dari satu pemimpin serta percaya dengan teman.

Secara umum dapat dikatakan bahwa kendala utama dari permainan tersebut adalah susah berkonsentrasi, mata tertutup, semua ingin memberi komando. Nah, solusi untuk mengatasi semua kendala itu dalah dibutuhkan pemimpin untuk memimpin dan memberi komando, mengarahkan agar setiap tugas dan tanggung jawab dapat terlaksana dengan baik.

Untuk menjadi pemimpin yang baik, seorang pemimpin harus memiliki ketrampilan dasar kepemimpinan.

Ada 5 ketrampilan dasar kepemimpinan, yaitu :
1. Vision Building (Membangun Visi)
membangun impian
2. Decision Making (Menentukan Keputusan)
mampu membuat keputusan yang tepat
3. Conducting (Mengarahkan)
mampu berbicara untuk menjelaskan, mendengarkan, merangsang munculnya gagasan, menyimpulkan dan mengambil keputusan
4. Conflict Resolution (Mengatasi Konflik)
mengatasi konflik internal maupun eksternal dalam tim
5. Pulling The Team Together (Memberi Dorongan terhadap Tim)
mampu mendorong dan memotivasi tim untuk mencapai tujuan

Top Leader :
Leaders are great achiever (semangat berprestasi)
Leader are people builders (memberdayakan orang lain)
Leaders are up from up front (berani tampil di depan)







0 komentar:

Posting Komentar


Copyright 2009 MAJALAH BISMA SMP MARIA ASSUMPTA KLATEN. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates