IT Corner


Membuat Game Flappy Brid dengan Adobe Flash

Tahu dengan game Flappy Bird? Nah, game Flappy Bird ini pernah terkenal dan sampai dibahas di stasiun TV. Karena game ini dikenal dengan game yang paling membuat orang kesal. Flappy Bird terbilang game dengan tingkat kesulitannya yang sangat tinggi dalam menerbangkan burung aneh ini. Game Flappy Bird diluncurkan untuk Mobile Android dan dimainkan dengan menyentuh layar agar burung bisa terbang layaknya melompat di udara.


Contoh project akan kita buat

saya akan menerangkan bagaimana membuat Flappy Bird di Flash dengan program Adobe Flash CS3. Game ini saya beri nama “Flashpy Bird”, penasaran bagaimana membuat game Flashpy Bird? Yuk langsung simak tutorialnya dibawah ini.


Langkah 1
Kita mulai program Adobe Flash CS3 dengan memilih Action Script 2.0.

Langkah 2
Berikutnya mulailah mendesain karakter Flappy Bird dan ubah karakter yang telah dibuat menjadi movie clip. Untuk movie clip bisa diberi nama apa saja tetapi beri nama Instance Name untuk digunakan pada Action Script karakter ini.


Langkah 3
Nah, sekarang kita mulai ke tahap memberi script agar karakter ini dapat bergerak sesuai dengan perintah. Pertama, buat karakter burung ini otomatis turun dengan memberi script pada frame pertama.
burung.onEnterFrame=function(){
this._y+=10;
}

Langkah 4
Dengan script sebelumnya maka berikutnya kita buat agar karakter burung tidak jatuh dan tetap bisa bertahan di atas dengan mengklik tombol mouse sebagai pengganti tap pada layar touchscreen. Beri script pada karakter Flappy Bird dengan meletakkan script tepat pada movie clip Flappy Bird itu sendiri.
onClipEvent (mouseDown) {
this._y-=50;
}
Berikutnya cobalah proses jalannya animasi ini. Setiap kali anda mengklik tombol kiri mouse anda, maka burung Flappy Bird buatan di Flash ini akan bergerak naik sementara ada efek gravitasi yang memaksa untuk karakter burung ini jatuh.

Langkah 5
Agar lebih menarik, di dalam movie clip burung ini cobalah diberi animasi frame by frame seolah-olah karakter burung ini jatuh. 
Dan jangan lupa beri script “stop();” pada frame terakhir pada animasi movie clip ini dan berikan nama pada frame pertama dengan nama “turun”. 

Langkah 6

Apabila telah membuat animasi pada movie clip burung, maka script yang kita berikan pada movie clip burung ini bisa kita ganti dengan script seperti dibawah ini.

onClipEvent (mouseDown) {
this._y-=50;
gotoAndPlay("turun");
}

Jadi, apabila script di atas diterapkan pada movie clip burung, maka burung tidak hanya bergerak naik saja. Karakter burung ini juga akan memainkan animasi seolah-olah burung ini bergerak naik dan juga perlahan-lahan turun ditarik gravitasi. Coba deh dengan menekan tombol CTRL + ENTER dan test animasinya.

Nah, sekian dulu cara buat animasi burung flappy birdnya. Nih saya beri contoh gamenya. Semoga yang main nggak cepat kesal. Maaf mungkin game ini masih banyak kekurangannya, tapi yah apa boleh buat. Namanya juga prototype coba-coba, dan namanya juga saya ganti sedikit soalnya tidak harus sama dengan aslinya kan. Oke selamat bermain dan sampai jumpa di artikel saya yang lainnya, hayo berapa score tertinggimu di Flashpy Bird?.

Sumber:


 
 

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright 2009 MAJALAH BISMA SMP MARIA ASSUMPTA KLATEN. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates