Championship


DUTA PERPUSTAKAAN


Kita boleh berbahagia dengan pencapaian prestasi yang telah ditorehkan oleh kakak kelas kita, Katrin (8A) yang telah menjuarai LOMBA DUTA BACA PERPUSTAKAAN pada tanggal 29 April 2013 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Klaten, pelaksanaan lomba diadakan di SD NEGERI 1 TEGALYOSO. Dari 23 peserta ( 23 sekolah SMP se-Kab Klaten), Kak Katrin mendapat JUARA 1 dengan nilai 252 point. Dengan mengambil judul “PERPUSTAKAAN JANTUNG PENDIDIKANKU”, berikut ini adalah pidato (presentasi) Kak Katrin sebagai Duta Baca Perpustakaan :



“ PERPUSTAKAAN JANTUNG PENDIDIKANKU”
           
Selamat Siang kepada Bapak / Ibu Dewan Juri yang terhormat, Bpk ibu yang terhormat dan teman temanku yang tercinta. Perkenankanlah saya Katrin siswi kelas VIII SMP Maria Assumpta ingin menyampaikan informasi tentang perpustakaan sekolah.
Perkenankan saya menyampaikan judul  “ PERPUSTAKAAN JANTUNG PENDIDIKANKU” Di Sekolah kami perpustakaan merupakan bagian terpenting di sekolah bukan menjadi bagian terkecil maupun bagian dari sekolah yang kurang mendapat perhatian, karena perpustakaan adalah JANTUNGNYA PENDIDIKAN (gudangnya pengetahuan), sehingga dengan segala daya upaya diciptakan untuk membuat perpustakaan menjadi perpustakaan yang bermutu. Dengan visi perpustakaan yang jelas yaitu menjadikan pribadi yang kritis, kreatif, inovatif, motivatif,beriman dan  berserviam (melayani). Adapun misi perpustakaan yaitu mengembangkan minat kemampuan dan kebiasaan membaca, mengembangkan kemampuan siswa untuk mencari dan mengolah informasi, memupuk dan mengembangkan bakat siswa dalam segala aspek serta meletakkan dasar dasar ke arah belajar mandiri.
Di sekolah kami mempunyai perpustakaan yang terletak ditempat yang strategis dan sangat mudah di kunjungi oleh para siswanya. Tepatnya disamping halaman hall sekolah dan tidak jauh dari kelas. Kami  bangga dengan perpustakaan sekolah kami dan kami merasa sangat beruntung memiliki perpustakaan yang dikelola dengan baik. Terbukti dengan pernah menyabet penghargaan juara ke 2 lomba perpustakaan SMP tingkat Kabupaten Klaten pada tahun 2003, dan mendapat juara ke 3 lomba perpustakaan SMP Swasta Tingkat Jawa Tengah tahun  2008 dan yang baru baru ini meraih juara ke 2 lomba pidato “ Perpustakaan” tingkat SMP se Kabupaten Klaten pada tahun 2010.
Saya sangat senang berkunjung ke perpustakaan sekolah karena tempatnya menarik dan nyaman, koleksi bukunya yg menarik dan lengkap. Dalam perkembangannya perpustakaan sekolah kami sangat mengikuti perkembangan jaman, itu dibuktikan dengan  pelayanan yang diberikan, dahulu peminjaman buku dilayani menggunakan system manual tapi sekarang pelayanan peminjaman buku dilayani dengan system otomasi, sehingga mempermudah dan mempercepat dalam proses peminjaman buku maupun penelusuran buku.
Perpustakaan sekolah kami juga memberikan informasi yang dibutuhkan tidak hanya lewat koleksi buku namun juga lewat media lain seperti jaringan internet yang dapat diakses siswa dengan cepat dan mudah, koleksi VCD/ DVD pembelajaran yang bagus sesuai kurikulumnya dan tak lupa pula ada media aplikasi pembelajaran mata pelajaran yang disuguhkan menarik sehingga visualisasinya jelas dan mudah ditangkap oleh siswa pada saat pembelajaran di ruang multimedia.
Di Perpustakaan sekolah kami juga mempunyai program perpustakaan yang paling saya tunggu tunggu yaitu program Library Award, penghargaan yang diberikan perpustakaan kepada para pembaca yang meminjam buku terbanyak dalam satu tahun ajaran pelajaran. Biasanya penghargaan ini diberikan pada upacara pertama tahun ajaran baru, kami selalu berlomba lomba meminjam buku di perpustakaan, selain mendapatkan pengetahuan juga mendapatkan reward. Selain Library Award ada satu lagi program unggulan di perpustakaan kami yaitu Library Week. Library Week dilaksanakan setiap jam perwalian hari sabtu dan dalam pelaksanaannya bergiliran antara kelas 7, 8, dan 9. Library week selalu menyuguhkan topik topik yang menarik contohnya, lomba desain sampul buku, lomba resensi buku baru, lomba sinopsis buku dan yang paling kami sukai yaitu NOBAR (Nonton Bareng) kami diputarkan film dari buku yang difilmkan seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi maupun Harry Potter. Setiap topik yang disuguhkan berbeda beda dan menarik sehingga membuat segar dan menghilangkan kepenatan sejenak setelah mengikuti pelajaran selama sepekan.
Selain program perpustakaan yang menarik, di perpustakaan sekolah kami mempunyai satu buku yang membuat saya tertarik, judul buku tersebut adalah “ Mewujudkan Impian Mendirikan Perpustakaan”. Dalam buku ini dikisahkan seorang pelajar di desa Kedung Wangi bernama Rahardi yang gemar membaca buku, dan  sudah mempunyai koleksi buku sekitar 469 buku. Rahardi hidup di keluarga yang sederhana, kedua orang tuanya sangat mendukung hobi Rahardi dan ayahnya sering membawakan buku setelah pulang kerja di kota. Ayahnya pekerja srabutan di kota sedangkan ibunya hanya berjualan sayuran matang yang dijajakan di desa. Bagi Rahardi tiada hari tanpa membaca buku, dengan koleksinya yg banyak Rahardi sampai meminjamkan buku buku tersebut kepada teman temannya. Keinginan besar Rahardi dan teman temannya Karyono dan Akib untuk mempunyai perpustakaan desa begitu besar. Keinginan  tersebut ternyata disambut baik oleh mahasiswa mahasiswa dari Surabaya yang tengah melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Kedung Wangi.
Dan mendirikan perpustakaan desa menjadi salah satu program dari para mahasiswa tersebut. Dengan bantuan para mahasiswa dan para pemuda pemudi Karang Taruna di desanya, maka impian mendirikan perpustakaan desa dapat terwujud, sehingga membawa dampak kemajuan bagi segenap warganya untuk mencintai buku dan gemar membaca.
        Dari cerita singkat buku ini mengajak kita untuk lebih membina kegiatan minat baca baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Keinginan anak desa untuk mendirikan perpustakaan bukan hal yang biasa tetapi menurut saya itu adalah hal yang sungguh luar biasa untuk anak seusianya. Kita diajak untuk lebih memanfaatkan, memelihara dan membina minat baca agar diminati banyak orang, sehingga buku buku bukan lagi menjadi deretan hiasan buku di perpustakaan tapi digunakan untuk menambah ilmu pengetahuan karena perpustakaan adalah jantungnya pendidikan.
Sekian pemaparan saya tentang minat baca perpustakaan atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.


Hebat ya pidato dari Katrin…

Congratulation! 

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright 2009 MAJALAH BISMA SMP MARIA ASSUMPTA KLATEN. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates