Esperasta Event 2


PERPISAHAN KELAS IX

"Gapailah Cita-Citamu dan Jadilah Terang"

Acara perpisahan siswa-siswi kelas IX angkatan 2010/2011 diawali dengan ibadat yang dipimpin oleh Sr. M. Florentina L. Memu, OSU, S.Pd. Beliau menyampaikan amanat yang diambil dari Yohanes 15 : 1 - 8 tentang "Pokok Anggur Yang Benar"

Rahasia Pohon Anggur


Rahasia Pohon AnggurYohanes 15 : 1 – 8

Kita sebagai manusia rohani yang setiap hari mengalami pertumbuhan rohani seharusnya memahami rahasia pohon anggur bertumbuh ke arah yang benar dan menghasilkan buah-buah rohani yang berlimpah. Namun pada suatu titik kita akan mengalami krisis rohani yang disebabkan kita tidak memahami apa kata-kata Yesus di kebun anggur dalam Yohanes 15 sebelum Dia disalib.

Yesus memberikan gambaran orang percaya dengan gambaran pohon anggur :
Tanaman anggur terbagi dari 3 bagian : akar, pokok anggur dan ranting/cabang tanaman anggur. Tanaman anggur adalah tanaman yang membutuhkan perawatan yang sungguh-sungguh dari pemiliknya. Pokok anggur adalah batang tanaman yang tumbuh dari tanah yang berakhir pada sebuah bonggol besar di mana tingginya kira-kira 1 meter. Bagian tanaman anggur yang memerlukan perawatan teliti adalah rantingnya – membutuhkan siklus udara yang bersikulasi, sinar matahari secara maksimal. Buah anggur adalah hasil yang dicari pemiliknya – gambaran bagaimana Tuhan menerima hormat di bumi yang layak bagiNya ( Titus 3:14, Galatia 5:22-23)

Yesus pula membagi 4 macam pertumbuhan rohani bagi orang percaya sebagimana ranting tanaman anggur. Gambaran hidup kita yang akan menghasilkan buah anggur atau kemuliaan Tuhan dengan tingkat kelimpahan yang berbeda.

Tingkat 1 = bertumbuh tapi tak berbuah
Tingkat 2 = bertumbuh dan berbuah
Tingkat 3 = bertumbuh dan lebih banyak berbuah
TIngkat 4 = bertumbuh dan buah banyak

Tingkat 1 – Bertumbuh tapi tak berbuah
Sebuah tanaman anggur memiliki sifat alami cenderung untuk menjulur ke bawah bukan ke atas dan tumbuh di sepanjang tanah, hal ini mengakibatkan daun anggur tertutup debu sehingga mengganggu proses kehidupan anggur. Ranting menjadi sakit dan tak berguna. Inilah sifat semua orang Kristen yang ingin bertumbuh rohaninya namun masih mencintai dosa.
Jika Saudara ada di bagian ini maka Tuhan akan turun tangan bukan untuk memotong (airo – Yunani berarti mengangkat ) Terjemahan LAI kurang tepat. Tuhan harus mengangkat dan membersihkan ranting dan daun anggur itu dari debu ( dosa). Tuhan lakukan itu dengan cara PENDISIPLINAN.
Pendisiplinan adalah apa yang Bapa buat dalam hidup kita untuk mengangkat kita dari pengejaran-pengejaran kita yang merusak dan tidak membuahkan apa-apa ( Ul 8:5, Ibr 12:5-6).

Pendisiplinan berbicara tentang status kita sebagai anak Tuhan. Tingkat disiplin :
  1. Peringatan – lewat bisikan dalam hati, nasihat orang lain, ayat Alkitab, kotbah ( Ibrani 12:5).
  2. Ganjaran – lewat kegelisahan emosional, frustrasi, kesusahan dan gejala yang lain : tidak puas di gereja, kritis terhadap teman-teman Kristen, tidak bersahabat dengan Tuhan bahkan Firman Tuhan menjadi beban.
  3. Menyesah – lewat mencambuk / memberi hukuman ( mendatangkan kesakitan) ( Ibrani 12:6)

Tingkat 2 – Bertumbuh dan berbuah
Tanaman anggur lebih menyukai pertumbuhan ranting ketimbang menghasilkan buah. Oleh karena itu pemiliknya harus selalu memangkas anda Pemangkasan = pemotongan dan ini adalah cara Tuhan untuk hasil lebih banyak.
Tuhan memangkas hidup kita = membuang komitmen-komitmen tidak dewasa, prioritas-prioritas kurang penting dengan tujuan menyediakan tempat lebih banyak bagi Tuhan untuk bekerja lebih banyak

Ingatlah pemangkasan memiliki tujuan bahwa :
Tuhan meminta anda untuk meninggalkan hal-hal yang merintangi anda dari tujuan KerajaanNya dan demi kebaikan anda

PEMANGKASAN ≠ PENDISIPLINAN

Caranya Dia memangkas adalah :
  1. memotong bagian-bagian hidup kita yang menguras waktu dan tenaga yang berharga.
  2. Memotong kegiatan-kegiatan dan prioritas-prioritas kita yang tdk dewasa
  3. Memotong nilai-nilai dan identitas pribadi anda

Tingkat 3 – Bertumbuh dan lebih banyak berbuah
Jika anda kita terus berbuah lebih banyak maka Tuhan akan memangkas anda sebab pemilik tanaman anggur harus memangkas tanaman anggur 2 x (pada awal pertumbuhan dan pada pertumbuhan).

Dalam pemangkasan ini
  1. Tuhan membawa anda untuk semakin serupa dengan Kristus.
  2. Menghadapi ujian-ujian iman – pencobaan & kesukaran yang mengundang anda untuk menyerahkan sesuatu yang sangat berharga kepada Tuhan ( Maz 66:10).
  3. Membebaskan kita dalam mengejar hasrat sejati kita – KerajaanNya. Contohnya : Daud ( 1 Samuel 25 ) bagaimana Daud belajar ttg harga diri dan identitasnya aman dalam Tuhan. Dan Paulus ( Filipi 3:5-8)

Dalam tahap ini, Tuhan pemangkasan dalam 4 daerah :
  1. Dari orang-orang yang paling anda kasihi
  2. Hak anda untuk mengetahui mengapa Tuhan melakukan apa yang Dia lakukan
  3. Cinta anda akan uang dan harta milik.
  4. Sumber-sumber yang berarti bagi anda

Tingkat 4 – Bertumbuh dan berbuah banyak
Pada akhirnya anda akan mencapai titik dimana anda mengalami perasaan tidak puas dengan apa yang telah anda hasilkan buat Tuhan. Pada tahap ini kita melihat kenyataan yaitu : hubungan dengan Tuhan VS kompetensimu dalam pelayanan. Yoh 15:5 memberikan paparan yang berbeda dengan tingkat-tingkat sebelumnya. Pada 3 tahap sebelumnya Tuhan yang proaktif sedangkan yang terakhir ini anda yang harus proaktif.

Tuhan tidak ingin saya melakukan lebih banyak baginya. Dia ingin saya lebih bersamaNya karena banyak buah ≠ banyak pelayanan atau pekerjaan.

Dalam tahap ini keintiman dengan Tuhan adalah prioritas 1

Tinggal di dalamNya berarti :
 Kualitas waktu bersamaNya meningkat.
 Pelaku Firman Tuhan setiap hari.
 Mengandalkan Tuhan dalam mengambil keputusan. 

(GBI Gajah Mada Semarang)

Setelah ibadat selesai, acara dilanjutkan dengan aksi pentas seni oleh siswa-siswi kelas IX, antara lain vokal grup, puisi, dan band.

"Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak Guru..."

"la...la...la...la...la...la...la..."



Tes microphone dulu...

Bau apa nich...?

Aku yang dulu bukanlah yang sekarang...

dug...dug..dig.dag......dug...

tung...ting...tung...

0 komentar:

Posting Komentar


Copyright 2009 MAJALAH BISMA SMP MARIA ASSUMPTA KLATEN. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates